Kisah Cinta O dan Kaisar Dangdut




Novel ini memantik rasa ingin tahu pembaca hampir di setiap potongan cerita-ceritanya.
 
Eka Kurniawan dianugerahi World Readers Award atas novelnya Cantik itu Luka (diterjemahkan menjadi Beauty is Wound) pada 22 Maret 2016. Sebelumnya novelnya Manusia Harimau (diterjemahkan menjadi Man Tiger) masuk nominasi The Man Booker International Prize 2016. Hal ini menjadikan namanya banyak dibicarakan baik di dalam maupun di luar negeri. Sudah lama Eka disebut generasi penerus dari penulis Indonesia satu-satunya yang masuk nominasi Nobel Sastra, Pramoedya Ananta Toer. Kini, Eka dielu-elukan banyak orang bertepatan dengan peluncuran novel terbarunya, “O”.

Di Novel terbarunya, Eka Kurniawan hadir dengan cerita berbingkai dengan menokohkan binatang dan benda selaiknya manusia (baca: fabel). Tentang kisah cinta seekor monyet bernama O, yang bermimpi jadi manusia—untuk bertemu kekasihnya. 

O mempercayai kekasihnya, Entang Kosasih, sudah menjadi manusia sekaligus Kaisar Dangdut. Langkah awal O mengikuti jejak kekasihnya adalah dengan menjadi pemain topeng monyet. 

Konon, ia bisa belajar tingkah laku manusia dengan bermain topeng monyet. Meski pawangnya, Betalumur, seringkali memukulinya. Jika ia tak mau menuruti perintahnya. O tetap berkeyakinan hal ini adalah cara agar ia bisa menjadi manusia. 

Dan bertemu kekasihnya untuk menikah kelak. Sesuai janji Entang Kosasih sewaktu masih menjadi sepasang monyet yang saling mencintai di Rawa Kalong.

Apakah kisah cinta O dan Entang Kosasih akan berlanjut? Dan mereka akan menikah saat sama-sama menjadi manusia? Adalah dua pertanyaan yang bukan satu-satunya menjadikan novel ini menarik dibaca. Ditelusuri halaman per halamannya. 

“Alur cerita novel ini digerakkan oleh tokoh-tokohnya,” begitu kata Eka dalam sebuah wawancara. 

“Teka-teki” nasib tokoh-tokoh dalam novel ini bisa dibilang menampilkan keunikan sendiri-sendiri. Tiap tokoh dalam novel ini diceritakan dengan porsi sama pentingnya. Meski kurang pas, novel ini seperti kumpulan cerita pendek yang saling bersinggungan dan berkolerasi.

Arif Rohman. Penikmat buku sastra tinggal di Kudus. Dimuat di Kedaulatan Rakyat edisi Sabtu, 14 Mei 2016


Judul : O
Penulis : Eka Kurniawan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Pertama, Maret 2016
Halaman : 470 halaman
ISBN : 978-602-03-2559-0


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kisah Cinta O dan Kaisar Dangdut"

Post a Comment