Membaca Cerita-Cerita Klenik

Jakarta mungkin dianggap kota terkutuk. Di saat sebagian mengatakan bintang tak lagi bisa dilihat di langit Jakarta, cerita pendek berjudul Ojung menggambarkan kota Jakarta yang diemohi hujan. Hingga suatu ketika mencipratkan ide ke seorang bernama Iyan, untuk melakukan ritual pemanggil hujan, Ojung.

Apa rasanya membaca cerita pendek Ojung di musim penghujan seperti ini? Mungkin kita membayangkan hujan deras yang turun setelah dua orang saudara kembar saling tebas menggunakan samurai.

Pada cerpen tersebut, akhirnya hujan turun di Jakarta berkat ritual Ojung, sayang ada darah yang terkucur, tragis. Begitulah kesan saya akan cerpen yang termaktub dalam kumpulan cerpen Ojung karya Edi AH Iyubenu. D. Zawawi Imron menyebut cerpen-cerpen Edi berbau klenik, dan karenanya seperti ada upaya revitalisasi dari cerpen-cerpen alam gaib karangan Edgar Allan Poe, Rijono Pratikno, dan Bram Stoker.

Sebagai penulis dan pengelola penerbitan, Edi menyalurkan idealismenya untuk kehidupan sastra Indonesia. Dimulai dengan membuat kelas kepenulisan gratis dengan nama Kampus Fiksi, sampai penerbitan karya sastra dengan kata kunci #sastraperjuangan. Selain Ojung, kita bisa membaca cerita Edi berjudul Menari dengan Serigala, Pingpilu, Dadang Awuk, Sss, Taneyan Lanjang, dan cerita berbau klenik lainnya.

Pada tahun 2003, kumcer Ojung diterbitkan pertama kali. Tahun ini buku ini diterbitkan ulang, bersamaan dengan banyaknya karya sastra, baik baru maupun lama, yang diterbitkan secara terus-menerus oleh penerbit DivaPress dan Basabasi.

Barangkali, kita masih bisa membeli Ojung cetakan awal dengan harga lima ribu atau sepuluh ribu di penjual buku bekas. Meski mungkin tidak mudah menemukannya. Dan adanya penerbitan ulang buku ini, tentu memudahkan kita menikmati cerita-cerita klenik dari Edi. Seperti cerpen Budi Darma dalam Orang-Orang Bloomington, beberapa cerita-cerita Edi juga penuh dengan catatan kaki untuk menjelaskan istilah maupun dari mana datangnya inspirasi.

--Arif Rohman, tinggal di Kudus. Instagram: @arifrohman.1992

Judul : Ojung; Cerita Mistis Tentang Hujan
Penulis : Edi AH Iyubenu
Penerbit : Basabasi
Terbit : November, 2017
Tebal : 204 hlm
ISBN :  978-602-6651-54-9

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membaca Cerita-Cerita Klenik"

Post a Comment